PEDULIKI SALAMAKI
PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

{script}

Khasiat dan Manfaat Temu Lawak sebagai Obat

Incipme
08 Januari 2014, 10:34 WIB Last Updated 2021-08-02T15:48:56Z
Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia dan termasuk salah satu jenis tanaman rimpang yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku obat tradisional. Selain itu Temulawak merupakan sumber bahan pangan, pewarna makanan, bahan baku industri (seperti kosmetika ), maupun dibuat makanan atau minuman segar. Temulawak telah banyak dibudidayakan dan banyak ditanam di pekarangan, juga sering ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan padang alang – alang.

temu lawak
Umumnya, bagian yang digunakan dari tanaman ini ialah rimpangnya, karena mengandung beberapa senyawa kimia, antara lain minyak atsiri xanthorrhizol, fellandrean dan turmerol, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol, kurkuminoid dan kurkumin. Kurkumin diketahui sebagai antioksidan dan juga bermanfaat dalam melindungi hati dari racun.

Kandungan Temulawak

Temulawak terdiri dari fraksi pati, kurkuminoid dan minyak asiri (3-12 %). Fraksi Pati merupakan kandungan terbesar, jumlah bervariasi antara 48-54% tergantung dari ketinggian tempat tumbuh. Makin tinggi tempat tumbuh maka kadar patinya semakin rendah dan kadar minyaknya semakin tinggi.

1. Pati temulawak terdiri dari abu, protein, lemak, karbohidrat, serat kasar, kurkuminoid, kalium, natrium, kalsium, magnesium, besi, mangan dan kadnium. Pati  rimpang temulawak dapat dikembangkan sebagai sumber karbohidrat, yang digunakan untuk bahan makanan atau campuran bahan makanan.
2. Fraksi kurkuminoid mempunyai aroma khas, tidak toksik, terdiri dari kurkumin yang mempunyai aktivitas antiradang dan desmetoksikurkumin.
3. Minyak asiri berupa cairan berwarna kuning atau kuning jingga, berbau aromatik tajam. Komposisinya tergantung pada umur rimpang, tempat tumbuh, teknik isolasi, teknik analisis, perbedaan klon varietas dan sebagainya. 

Khasiat Temulawak

Khasiat temulawak bagi kesehatan tentu sudah tidak perlu diragukan lagi karena temulawak sudah sejak lama digunakan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan yang dimiliki temulawak lebih kompleks daripada ginseng sehingga khasiat temulawak pun lebih banyak untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan jika mengkonsumsi jamu temulawak.

Mencegah Reumatik dan Asam Urat
Temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti peradangan alami sehingga temulawak dapat membantu mengatasi gejala peradangan sendi atau reumatik dan mencegah serangan asam urat. Jika Anda terkena reumatik, konsumsi jamu temulawak juga dapat membantu mengurangi reumatik.

Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Menstruasi
Bagi kaum wanita, nyeri saat menstruasi tentu sangat menyiksa. Temulawak memiliki khasiat sebagai penawar rasa sakit yang alami sehingga jika Anda minum jamu temulawak secara teratur, rasa nyeri saat menstruasi pun tidak akan terasa lagi.

Memelihara Fungsi Hati
Temulawak mengandung zat yang disebut kalagoga. Kandungan ini berfungsi untuk membantu meningkatkan produksi empedu dan merangsang tubuh mengosongkan kantung empedu. Temulawak bekerja dengan mengurangi kinerja enzim GOT (Glutamate Oksaloasetat Transaminase) dan menurunkan kinerja enzim GPT (Glutamate Piruvat Transaminase) baik secara klinik maupun secara pra klinik. Berdasarkan hasil uji klinis, dosis yang digunakan untuk mendapatkan manfaat menurunkan SGOT dan SGPT yakni sekitar 15-30 mg kurkumin.

Memperbaiki Fungsi Pencernaan
Serbuk rimpang temulawak dapat membantu meningkatkan aktivitas di dalam cairan lambung sehingga dapat membantu proses metabolisme dan menurunkan kontraksi yang terjadi di usus halus. Untuk mendapatkan manfaat ini, ambil dua gram rimpang temulawak kering. Panaskan rimpang dengan air mendidih selama 15 menit. Setelah itu, saring airnya dan minum 3 kali sehari.

Menambah Nafsu Makan
Kandungan minyak atsiri dalam temulawak bersifat karminativum yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Banyak orang tua jaman dulu yang memberikan sari temulawak bagi anak-anaknya yang kurang nafsu makan. Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya ambil 25 gram temulawak, gula merah, dan 10 gram asam jawa. Rebus ketiga bahan ini dengan 600 cc air sampai hanya tersisa separuhnya. Setelah itu saring airnya dan minum air tersebut.

Menurunkan Lemak Dalam Darah
Sari temulawak dan fraksi kurkuminoid temulawak mampu menurunkan kada kolesterol, trigliserida, dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Komponen yang berperan dalam menurunkan kadar lemak darah ini adalah kurkuminoid.

Mengatasi Radikal Bebas
Kandungan kurkumin pada temulawak memang memiliki banyak sekali manfaat, termasuk sebagai antioksidan. Kurkumin dapat membantu tubuh menangkap radikal bebas oksigen dan radikal hidroksil sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Mengatasi Jerawat
Bagi Anda yang berjerawat, temulawak mungkin dapat membantu mengatasi masalah Anda yang satu ini. Kita tahu bahwa kurkumin pada temulawak berperan sebagai antioksidan sehingga kurkumin inilah yang membantu menghilangkan kotoran-kotoran pada wajah yang telah menjadi jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan temulawak cukup mudah. Anda bisa mengambil 1 jari rimpang temulawak yang sudah dicuci bersih. Potong-potong rimpang tersebut dan rebus dlam empat gelas air minum hingga tersisa separuhnya. Setelah mulai dingin, saring air tersebut dan tambahkan madu dalam air yang telah disaring tadi. Mnum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Menyembuhkan Wasir
Karena khasiat temulawak berfungsi untuk memelihara organ pencernaan, temulawak juga dapat membantu menyembuhkan wasir atau ambeien. Wasir disebabkan karena luka pada usus besar sehingga menyebabkan terjadinya pembuluh darah di area sekitar usus besar. Saat mengejan, darah tertahan sehingga menimbulkan pembengkakan pembuluh darah. Kandungan di dalam temulawak dapat membantu melancarkan peredaran darah, memperbaiki fungsi usus besar, dan membersihkan lambung.

Mencegah Stroke dan Serangan Jantung
Khasiat temulawak lainnya adalah mengencerkan darah di dalam pembuluh darah sehingga dapat membantu mencegah stroke atau penyakit jantung. Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang disebabkan karena darah menggumpal di dalam tubuh sehingga sulit mengalir dan beredar di dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mendapatkan khasiat temulawak ini, Anda harus mulai minum jamu temulawak secara teratur.

Itulah beberapa khasiat temu lawak yang dihimpun dari berbagai sumber. Semoga tulisan yang sederhana ini bisa membantu sobat semua dalam menjaga kesehatan diri dan anggota keluarga. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, dan kalau bisa dengan bahan bahan herbal tentu lebih baik dan menyehatkan.
  • Khasiat dan Manfaat Temu Lawak sebagai Obat

Terkini