PEDULIKI SALAMAKI
PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

{script}

Materi Kuliah Email dan Blog

Incipme
25 Februari 2017, 00:13 WIB Last Updated 2021-08-02T15:48:47Z

SEJARAH EMAIL
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
  PENGERTIAN EMAIL
Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
  KELEBIHAN PENGGUNAAN EMAIL
- Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
- Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
  
KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2. Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
  ISTILAH DALAM EMAIL
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

  Macam - Macam Bentuk E-Mail

A. WEB BASED E-MAIL
Web-based e-mail, atau e-mail berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa e-mail kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account e-mail sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke e-mail server, tapi ke sebuah web server.
Jadi, orang yang akan mengirimkan e-mail pertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account e-mail yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account e-mail dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa e-mail gratis ini, termasuk dengan password.
Bila kita akan mengecek apakah ada e-mail yang ditujukan untuk kita maka kita akan harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di website yang memberikan jasa e-mail semacam ini.
Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan e-mail client, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, gmail.com, dan lain-lain.
Keuntungan:Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol) Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.

Kelebihan :
•         Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
•         Tidak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.

Kekurangan :
•         Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
•         E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
•         Jika server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja.

Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e-mail tersebut.

B. IMAP
IMAP (Internet Message Access Protokol) merupakan sebuah protokol yang dirancang agar user dapat mengakses e-mail pada mailbox serta dapat berinteraksi dengan mail server. Port yang digunakan oleh protokol ini dalam TCP/IP adalah port nomor 143. IMAP menggunakan koneksi yang terus-menerus ke server. Begitu ada email masuk, kamu akan segera melihatnya di email client. Berbeda dengan POP3 yang memeriksa email dalam interval waktu yang ditentukan. Email yang masuk sangat cepat masuk ke client kamu, seringkali lebih cepat daripada di web interface sendiri. Hampir seperti Blackberry! Namun kamu harus punya koneksi internet yang cukup baik untuk menggunakan IMAP.
Apa yang kamu lihat di inbox email kamu, itu pula yang kamu lihat di email client. Bahkan jika kamu menggunakan 10 email client, di web interface, desktop, notebook, ponsel, dsb, semua akan memperlihatkan email yang sama. Jika kamu menggunakan banyak device untuk mengakses email, IMAP merupakan pilihan yang lebih baik dari POP3.

Kelebihan :
•         Dengan IMAP, user dapat membuat, mengubah dan menghapus folder yang ada di server.
•         E-mail baru akan didownload dari server jika user ingin membacanya, sehingga e-mail juga dapat diakses dari tempat lain.

Kekurangan :
•         Server layanan e-mail memerlukan kapasitas resource yang agak tinggi.

C. POP3
POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3. Server menggunakan port 110 pada TCP/IP. POP saat ini sudah memasuki versi 3, sehingga lebih dikenal dengan nama POP3 (Post Office Protocol version 3). Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di email client (seperti Outlook Expres, Eudora, dan The Bat), Jika ada client yang akan menggunakan layanan server, maka koneksi antara keduanya dilangsungkan. Setelah terkoneksikan, server POP3 akan memberikan sebuah pesan sambutan yang kemudian dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu tahapan otorisasi, dimana client harus mengidentifikasikan dirinya ke server POP3 dengan mengirimkan user id dan password.
POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server.

Kelebihan :
•         Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak harus terkoneksi ke internet).
•         Melalui e-mail berbasis POP3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
•         Lebih mudah dalam pengarsipan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna

Kekurangan :
•  Harus menggunakan e-mail client seperti Outlook Express, Eudora Mail, Mutt, dan lain-lain.
•  Hanya dapat mengakses e-mail dari komputer yang terinstal e-mail client (tidak bisa mengecek e-mail Kamu dari sembarang tempat).
•         E-mail berbasis POP3 lambat.
•         Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.

D. E-mail Forwarding
E-mail Forwarding adalah nama e-mail netter yang di forward atau dipindahkan. Netter cukup meminta sebuah nama e-mail dan meminta ISP tersebut untuk memindahkan ke e-mail lain. e-mail Forwarding berfungsi mengalihkan (mengirim kembali) sebuah nama e-mail lain dan server akan mengirimkan ke e-mail lain yang sudah ditentukan sewaktu meregistrasi. Forward e-mail tidak mengijinkan sebuah nama e-mail yang bouncing atau berpindah dengan nama yang sama. Bila ini dilakukan, e-mail forward akan menghapus e-mail Forwarding tersebut.
E-mail jenis ini akan terasa manfaatnya apabila kita yang belum menemukan layanan e-mail yang cocok atau suka ganti-ganti e-mail. Pada dasarnya ini merupakan e-mail yang dikirim kepadanya ke account kita yang lain.

Keuntungan:
•         Berfungsi mengirim sebuah nama e-mail ke nama e-mail lain
•         Dapat berganti-ganti (forward) ke server / nama e-mail lain

Kerugian:
•         Bertujuan hanya memindahkan e-mail
•         Attachment file biasanya dibatasi.


A.   Pilihlah jawaban yang anda anggap paling benar!
1.      Cara untuk mengirimkan pesan e-mail pada Milis adalah ...
A. Klik Compose              B. Klik Message          C. Klik Members         D. Klik Home      E.Klik Post
2.      Yang merupakan e-mail berbasis POP3 adalah ....
A. Yahoo mail                  B. Google mail            C. Plasa mail        D. Eudora mail     E. Hotmail
3.      Pernyataan berikut ini tidak sesuai untuk menyatakan layanan email adalah ....
A. email menggunakan media data elektronik
B. pengiriman email relatif lebih cepat dari pada surat pos
C. attachment pada e-mail tidak memiliki batas ukuran file
D. reply digunakan untuk membalas e-mail tanpa menuliskan lagi alamat yang dituju
E. pengumpulan kiriman e-mail disimpan di folder inbox      
4.      Sebuah email, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan “TO”, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian …….
A. Tembusan       B. CC (Copy Carbon)                       C. Arsip           D.Lampiran         E. Attachment
5.      SMTP adalah merupakan protocol Mail untuk pertukaran dari …….
A. Pertukaran File            C. Pertukaran Mail                E. Remote login
B. Instalasi server            D. Manajemen jaringan
6.      teknika@gmail.com merupakan contoh……
A. URL                 B. ISP              C. user ID                   D. website
7.      Arti dari alamat umarTEKNIKA@gmail.com adalah…..
A. ISP umarTEKNIKA@gmail.com                B. berada pada gmail.com
C. berada pada umar                                     D. berada pada computer
8.      Yang dimaksud dengan e-mail adalah
A. surat melalui pos           B..elektronil mail        C. kantor pos                      d. surat melalui fax
9.      Software atau program yang dapat didownload dari internet secara gratis…..
A. chating            B. log in           C. Freeware               D. log out
10.   Berikut ini yang bukan merupakan teknologi nirkabel ( tanpa Kabel) adalah….
A. radar               B. TV kabel            C. Bluetooth          D. pengiriman gelombang TV
11.   Berikut ini merupakan sifat-sifat email, kecuali …..
A. Sarana komunikasi yang murah         C. Panjang surat yang dikirim dibatasi
B. Dapat dikirim dengan cepat                D. Dapat menyertakan file-file
12.   Berikut ini yang merupakan keuntungan dari POP mail adalah …….
A. dapat dibaca dalam kondisi offline     C. hanya dapat dibaca dalam kondisi online
B. dapat dibaca dari mana saja                   D. sampainya lama
13.   Kelemahan dari POP mail adalah :
A. hanya dapat dibaca dalam kondisi online      C. email diterima agak lama
B. hanya dapat dibaca dari satu tempat D. tidak ada jawaban yang benar
14.   Berikut ini merupakan keuntungan dari web based mail, kecuali :
A. dapat dibaca darimana saja                        C. biasanya diberikan secara gratis
B. email sampai dengan cepat                D. dapat dibaca dalam kondisi offline
15.   Berikut ini yang merupakan kerugian dari email forwarding adalah :
A. dapat dibaca darimana saja               C. kadang email lambat diterima
B. email diterima dengan cepat              D. dapat dibaca dalam kondisi offline
16.   Berikut ini etika ber-email yang harus kita penuhi, kecuali :
A. rajin melakukan spam                         C. membuat layout email yang baik
B. tidak menggunakan huruf besar    D. menggunakan kata-kata yang sopan
17.   Hal ini merupakan sifat-sifat dari kartu elektronik, kecuali :
A. dikirimkan ke alamat email                             C. hanya dapat dikirimkan pada saat itu juga
b. kita harus mempunyai alamat email untuk dapat mengirimkannya      D. dapat diiringi lagu atau musik
18.   Berikut ini yang perlu kita pertimbangkan sebelum bergabung dengan milis tertentu, kecuali :
A. Tujuan milis                                                   C. jumlah email yang masuk ke milis
B. siapa saja yang menjadi anggota milis           D. waktu yang kita miliki untuk membuka email
19.   Pada saat akan menyertakan file di email, kotak dialog yang digunakan untuk memilih file adalah :
A. File open         B. Open           C. Choose File           D. Save file
20.   Type file yang dapat disertakan sebagai file attachment adalah :
A. file.doc dan .zip        B. file.pdf dan gambar            C. file.exe dan .doc        D. semua jenis file

21.   Berikut ini yang bukan merupakan tugas dari server adalah….
a. mematikan computer                                    C. mengatur kegiatan pengguna computer atau user
b. mengkoordinasi kerja woekstation.     D. memonitor kerja dari workstation
22.   E-mail yang ditawarkan oleh website penyedia jasa layanan email seperti Yahoo, Gmail disebut.....
a. POP mail            b. web based e-mail           c. e-mail transfer         d. e-mail forwarding
23.   Aplikasi yang digunakan untuk sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email adalah.....
A. mailing list       B. telnet                C. Gopher           D. newsgroup
24.   Buku harian yang dipubilkasikan lewat internet dan boleh dibaca siapa saja adalah.....
A. mailing list         B. newsgroup       C. web blog        D. website
25.   Forum dan mailing list mempunyai fungsi yang hampir sama, tetapi yang membedakan adalah.....
A. mailing list bisa dilihat oleh siapa saja dan berlaku bagi umum
B. mailing list lebih cepat pengirimannya dari pada newgroup
C. mailing list diperuntukan bagi pelanggan list saja
D. Forum lebih cepat pengirimannya dari pada mailing list
26.   Berikut ini merupakan keuntungan dari web based mail, kecuali :
A. dapat dibaca darimana saja               C. biasanya diberikan secara gratis
B. email sampai dengan cepat                D. dapat dibaca dalam kondisi offline
27.   Berikut ini yang merupakan kerugian dari email forwarding adalah :
A. dapat dibaca darimana saja               C. kadang email lambat diterima
B. email diterima dengan cepat              D. dapat dibaca dalam kondisi offline
28.   Blogger.com merupakan situs untuk membuat…
A. Blog                B. Blogger       C. Mainan       D. Akun FB
29.   Yang diperlukan dalam membuat blog di blogger adalah…
A. Akun Gmail    B. Akun FB      C. Akun Twitter           D.  Akun Yahoo
30.   Blog adalah singkatan dari…
A.  Blogger           B.  Web blog              C.  Inter blog               D.   Blog Web
31.   Di bawah ini yang tidak termasuk fungsi dari blog adalah….
A. Catatan harian                                                 C. Untuk mengirim pesan
B. Media publikasi dalam kampanye politik        D. Media publikasi dalam perusahaan-perusahaan
32.   Ngeblog adalah istilah dalam bahasa Indonesia yang disebut…
A. Membuat blog             B. Menutup aplikasi blog        C. Biologging               D. Blogging
33.   Orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog disebut…
A. Hack blogger               B. Problogger                        C. Blogger       D. Bloggeria
34.   Blog yang biasanya ditulis oleh pelajar adalah jenis blog…
A. Blog media     B. Blog sastra              C. Blog pendidikan      D. Blog bisnis
35.   Untuk Membuka Blog Harus Membuka…
A. Browser           B. Blogger.com           C. Wordpress.com      D.  B,C benar
36.   Blog yang digunakan untuk merusak merupakan jenis blog…
A. Hacker blog     B. Blog virus  C. Broken blog            D. Worm
37.   Orang Yg suka memblokir blog orang lain…
A. Hacker Blog   B. Blog            C. Blogger       D. Kuman
38.   Blog Yang Rusak Disebut…
A. Blogging          B. Logging       C. Blog Crash                        D. Fogging
39.   Pemilik blogger.com adalah….
A.  Pyra Labs      B. Pyramid Lobster     C.  PSY           D.   Pyra Load
40.   Blogger diakhiri dengan…
A. Blogspot.com            B.     Blogger.com       C. .co.id           D.  .id
41.   Kumpulan artikel disebut…
A.   Pos               B.     Link                     C.     Lunk                   D.     Lenk
42.   Fasilitas grup yang memungkinkan kita untuk bertukar informasi seperti diskusi  adalah ...
A.    Forum            B. Chating       C. Mailing List                       D. Facebook
43.    Mailing List dapat dijadikan sebagai sumber untuk mendapatkan berbagai jenis informasi seperti  .... kecuali
A.    Lowongan      B.  Berita terbaru         C. Issue Terbaru         D.  Uang
44.   Supaya proses diskusi pada Mailing List dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan seorang atau lebih yang bertugas sebagai
A.    Ketua             B. Sektetaris               C. Admin                     D. Moderator
45.   Memonitoring seluruh aktivitas anggota, sehingga ketika ada melanggar maka Seorang  ..................... dapat menegur bahkan hingga mengeluarkan anggota tersebut dari group Milis.
A.    Ketua             B. Sektetaris               C. Admin                     D. Moderator
46.   Suatu jenis Mailing List dimana anggota dapat berkomunikasi secara dua arah, bisa menerima dan mengirim pesan kepada sesama anggota adalah ....
A.    Discussion-type list             C. Announcement-type list
B.    Discussion-type mail             D. Moderator-type list
47.   E-mail adalah singkatan dari ....
A.  Elektric Mail    B.  Extra Mail      C.  Elektronic Mail       D.  Elect Mail        E.  Efective Mail
48.   Mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu biasa disebut ….
A.    Carbon Copy                                    C.   Point to Point
B.    Blind Carbon Copy                          D.    Distribution List               E.    Discussion List
49.   E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu E-mail berbasis SMTP dan ….
A.    E -mail berbasis POP                      C.    Ms Outlook Express
B.    E-Mail Berbasis WEB                    D.    Pegasus                          E.    Netscape Communicator
50.   Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com) merupakan jenis dari ….
A.    E -mail berbasis POP                      C.    Ms Outlook Express
B.    E-Mail Berbasis WEB                    D.    Pegasus                          E.    Netscape Communicator
51.   Menggunakan peramban web dan menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client) merupakan ….
A.    Jenis e-mail                                                  D.    Macam-macam e-mail
B.    Cara mengakses e-mail                             E.    Langkah-langkah pengiriman e-mail
C.    Langkah-langkah membuat e-mail
52.   Pengertian spam dalam sebuah e-mail adalah ….
A.    Tempat file (pesan masuk)                          D.  Berisi email sampah
B.    Draft pesan yang anda simpan                    E.  Message
C.    Berisi file (email yang telah anda kirim)
53.   Untuk mengakhiri sesi e-mail maka kita klik tombol ….
A.    Close                        B.  Sign out                C.    Sign in                 D.    Back                    E.    Open
54.   Lampiran dalam sebuah e-mail biasa disebut ….
A.  Attachment               B.    Bcc                      C.    Cc                        D.    Milserver             E.    Enkrip
55.   Tombol Reply yang ada saat membuka e-mail, digunakan untuk ... e-mail.
A.    Menghapus              B.    Men-download     C.    Menutup      D.    Mengembalikan          E.   Membalas
56.   Berikut ini langkah-langkah mengirim E-mail adalah….
A.   Buka e-mail, ketik alamat e-mail yang dituju, ketik surat yang akan dikirim di kotak yang disediakan, setelah selesai klik Send
B.    Ketik alamat e-mail yang akan dituju, ketik surat yang akan dikirim di kotak yang disediakan, buka e-mail, setelah selesai klik Send
C.   Buka E-mail, ketik surat yang akan dikirim di kotak yang disediakan, ketik alamat e-mail yang dituju, setelah selesai klik Send
D.   Klik Send lalu ketik alamat yang dituju, ketik surat yang akan dikirim di kotak disediakan, setelah selesai klik E-mail
57.   Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik disebut:
A. Email              B. Ghoper       C. WWW         D. Telnet         E. Warnet
58.   Sarana diskusi dalam satu kelompok melalui email adalah:
A. Mail                  B. Mailing list atau milis       C. Chatting      D. Discution
59.   ners.yudi@gmail.com.ini merupakan contoh dari
A.sebuah situs     B.Sebuah chatting      C.sebuah e-mail        D.sebuah browsing     E.sebuah browser
60.   Untuk membuka sebuah e-mail kita membutuhkan:
A.User Id dan Password                       C.Sebenarnya cukup User Id saja
B.perangkat keras                                   D. Modem dial-up                               E.cukup password saja
61.   Keunggulan pengiriman surat (e-mail) dari internet adalah………….
A. cepat dan murah       B. cepat tapi berbahaya          C. murah tapi lambat      D. murah tapi tidak aman
62.   Alamat email yang benar berikut ini adalah ....
A. darius,[email protected]          C. farhan@gmail.com
B. [email protected]                     D. hasan(yamin)@google.co.uk         E.  yanti@jajang@plasa.com
63.   Fasilitas keamanan yang ada pada layanan e-mail saat pengguna login adalah ....
A.  Memperlihatkan kartu anggota          D.  Memasukkan user ID dan password yang cocok
B.  Menggunakan sidik jari                      E. E-mail tidak memiliki fasilitas keamanan
C.  Memperlihatkan surat ijin login
64.   Salah satu keunggulan Mailing List (Milis) adalah ....
A. Cepat dapat mengirimkan e-mail                          D. Dapat menerima e-mail dari sembarang orang
B. Dapat mengirimkan ke banyak alamat e-mail  E. Hanya khusus e-mail tertentu yang dapat bergabung
C. Dapat mengatur tampilan e-mail                   
65.   Berikut ini yang bukan salah satu manfaat dari e-mail, adalah ....
A.    Efektif untuk keperluan surat-menyurat, termasuk bagi pengiriman surat kepada beberapa orang sekaligus dengan isi berita yang sama
B.    Efisien untuk mengirim lembar dokumen dalam jumlah banyak.
C.   Sebagai sarana untuk membaca berita terbaru yang saat ini sedang berkembang.
D.   Untuk mengirim lamaran kerja beserta lampiran dokumen pendukungnya, termasuk foto atau gambar
E.    Sebagai tanda identitas di Internet, misalnya dipakai pada saat menggunakan fasilitas tertentu atau mengakses informasi tertentu di Internet.




SOAL ESSAY Test
1.    Sebutkan minimal 5 situs web yang menyediakan fasilitas free e-mail !
2.    Menurut anda apa kekurangan e-mail dibanding dengan surat biasa?
3.    Menurut anda apa kelebihan e-mail dibanding dengan surat biasa?
4.    Jelaskan tentang security question pada registrasi email!
5.    Jelaskan Langkah langkah membuat akun e-mail di GMAIL!
6.    Jelaskan Fungsi & Tujuan Cc dan Bcc Ketika Mengirim Email
7.    Uraikan langkah untuk menposting artikel di blogspot.
8.    Jelaskan pengertian domain dan hosting
9.    Jelaskan manfaat membuat blog dilihat dari sisi keuantungan/ finansial ekonomi dan sisi pertemanan /sosial!
10.  Jelaskan kegunaan dari fasilitas Attachment pada gmail?
11.  Sebutkan beberapa manfaat dari internet !
12.  Apa yang menyebabkan e-mail lebih digunakan orang dari pada surat menulis manual?
13.  Apa perbeaan cracker dan hacker?
14.  Sebutkan 5 fasilitas yang terdapat dalam internet?

15.  Apakah perbedaan antara mailing list dengan forum diskusi?
  • Materi Kuliah Email dan Blog

Terkini