PEDULIKI SALAMAKI
PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

{script}

Mencegah Penyakit Stroke Sejak Dini

Incipme
09 Februari 2017, 14:10 WIB Last Updated 2021-08-15T14:46:40Z


Penyakit stroke merupakan suatu keadaan dimana adanya serangan ke otak secara mendadak akibat dari sumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak.

Stroke diidentikkan dengan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang dicirikan dengan adanya kematian dari jaringan otak (infarkserebral). 

Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan atau penyempitan dan bahkan pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak, sehingga mengalami gangguan baik itu pasokan darah dan oksigen yang menuju otak.

Beberapa ciri terserang stroke seperti rasa kebal atau mati mandadak atau kehilangan rasa dan lemas pada tangan, kaki, muka terutama pada satu bagian tubuh saja.

Berikut tips cara mencegah stroke sejak dini:

- Hentikan dan jauhkan diri anda dari merokok. 

Kebiasaan merokok ini dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan akan membuat darah Anda menjadi mudah menggumpal. Ini menyebabkan tubuh perokok lebih sering dan mudah terserang stroke

- Periksa tensi darah secara rutin. 

Tekanan darah tinggi bisa membuat pembuluh darah Anda mengalami tekanan ekstra. Walaupun tidak menunjukkan gejala, selalu cek tensi darah secara teratur. Hal tersebut untuk mengetahui seberapa tekanan darah anda, jika mengalami tekanan darah yang tidak normal, akan ada pencegahan dini untuk tidak menjurus ke ancaman penyakit stroke.

- Kendalikan penyakit jantung. 

Jika Anda mempunyai gangguan ataupun gejala penyakit jantung seperti kadar kolesterol tinggi dan detak yang tidak teratur, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Konsumsi makanan yang tidak mengandung banyak kolesterol.

- Atasi dan kendalikan stres dan depresi. 

Penyabab terbesar stroke pada saat ini banyak diakibatkan stres dan terlalu banyak pikiran.

- Makanlah dengan sehat. 

Makan sedikitnya lima porsi buah dan sayuran setiap hari secara teratur. Hindari makan daging merah terlalu banyak sebab lemak jenuh yang dihasilkan daging merah ini dapat membuat pembuluh darah anda mengeras. mengkonsumsi makanan berserat tinggi akan dapat mengendalikan lemak dalam darah anda.

- Kurangi garam. 

Memakan makanan yang memiliki kandingan garam tinggi akan meningkatkan tekanan darah anda atau hipertensi, hipertensi penyebab terbesar pula untuk resiko ancaman penyakit stroke.

- Pantau berat badan atau hindari obesitas. 

Anda Mempunyai badan yang terlalu gemuk atau obesitas akan meningkatkan risiko terhadap hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke. Atur pola makan anda secara terkontrol dan teratur.

- Berolahraga dan aktif. 

Melakukan aktifitas fisik secara teratur seperti olah raga dan sebagainya akan mudah membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah di seluruh tubuh anda.
 
- Hindari mengkonsumsi alkohol. 

Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol berarti menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyebab penyakit stroke.


  • Mencegah Penyakit Stroke Sejak Dini

Terkini