PEDULIKI SALAMAKI
PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

{script}

Dengan Semangat 45, Klub SBC Gelar Gowes Salak 2

Wahyuddin Se
20 Agustus 2021, 15:02 WIB Last Updated 2021-08-20T07:04:41Z

 


Sendawar – Klub Sendawar Bike Community (SBC), kembali menggelar Gowes Touring Adventure 2021. Komunitas penggemar sepeda di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim),

SBC menggelar Gowes Touring Adventure Salak 2 (Samarinda-Melak), dengan jarak tempuh sejauh 350 kilometer (KM), berlangsung sejak tanggal 14-17 Agustus 2021.

Gowes Salak 2 bertajuk ‘Mewarisi Semangat Juang 45’. Pesertanya berjumlah 13 orang, secara resmi diberangkatkan dari Dermaga Pelabuhan Melak, Sendawar, menggunakan kapal motor angkutan umum di perairan Sungai Mahakam menuju ke Kota Samarinda, Jumat 13 Agustus 2021.
“Gowes Salak 2 dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 kemerdekaan RI tahun 2021. Kawan-kawan anggota SBC Kubar akan menempuh perjalanan mengayuh sepeda dari Kota Samarinda menuju Melak, Kubar, sepanjang 350 KM,” terang Ketua SBC Kubar, Sadli yang sapaan akrabnya Alex tersebut kepada wartawan, sesaat sebelum rombongannya berangkat di dermaga pelabuhan Melak, Jumat (13/8/2021) petang.

Alex menambahkan, SBC akan melakukan perjalanan mengayuh sepeda dari Kota Samarinda sejak Sabtu 14 Agustus 2021 siang. Keberangkatan dari Samarinda rencananya akan ditemani oleh komunitas sepeda Tenggarong, Kukar.
“Setelah tiba di Tenggarong, maka SBC akan dilepas, langsung menuju Kubar. Perjalanan melintasi akses Trans Kaltim Kukar-Kubar. Estimasi SBC akan tiba di Kubar pada 16 Agustus 2021,” ucapnya, dan menuturkan bahwa dari 13 personel SBC, 12 merupakan gowes, dan 1 orang sebagai pengganti/support menggunakan sepeda motor.

Dia menuturkan, dalam perjalanan, ada dua titik para gowes akan menginap di jalan. Yakni di Kota Bangun, Kukar, dan Kampung Jambuk Makmur (Resak), Kubar.
“Selanjutnya tancap gas menuju Sendawar. Karena perlu istirahat untuk mengantisipasi kesehatan dan stamina para gowes,” tandasnya.

KONI KUBAR BERI DUKUNGAN
———————————————
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kubar, memberikan dukungan kuat terhadap komunitas sepeda yang ada di Kubar, diantaranya SBC.
“Komunitas SBC berlindung dibawah Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Kubar. Artinya anggota ISSI Kubar,” jelas Sekretaris Umum KONI Kubar, Tobiyas F Kainawa, yang melepas keberangkatan rombongan SBC di dermaga Pelabuhan Melak, Jumat, sore kemarin.

Dia mengungkapkan, dukungan kepada SBC yang dimaksud dari KONI bukan dukungan anggaran. Karena SBC hanya sebuah komunitas. Menurut Tobiyas, sehingga KONI hanya bisa mendukung peralatan yang diperlukan untuk berlatih.
“KONI tidak bisa memberikan bantuan dalam bentuk dana. Itu khusus untuk cabor. Yang bisa dibantu untuk komunitas hanya berupa barang, serta alat-alat untuk latihan saja,” ucapnya.
“KONI berharap melalui komunitas SBC, kedepan bisa menjaring bibit atlet muda untuk sepeda melalui Cabor ISSI,” pungkas Tobiyas.

Salah satu peserta Gowes Salak 2, Widodo mengakui bahwa misi yang diemban SBC dalam mengayuh sepeda sejauh 350 KM ini, sangat membuat ia bersama seluruh rekannya bersemangat. Karena bertepatan dengan menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI.
“Saat ini dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga kami perkuat protokol kesehatan. Namun melalui gowes ini, semangat kami hidup. Kami bangga mewarisi semangat juang 45 untuk membangun Indonesia,” pupusnya.(wid/red)

  • Dengan Semangat 45, Klub SBC Gelar Gowes Salak 2

Terkini