PEDULIKI SALAMAKI
PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

{script}

Pemilihan BPD Desa Kungkai, Diduga ada Pungutan Sumbangan, Dari Para Calon ke Panitia

Wahyuddin Se
20 Agustus 2021, 20:25 WIB Last Updated 2021-08-20T12:25:33Z

 


Merangin, Dugaan pungutan sejumlah dana terhadap 23 calon ianggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2021-2027 pada Pemilihan tanggal 21-24 Agustus 2021 Desa Kungkai Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin oleh panitia penyelenggara mulai terhendus.

Menurut sumber terpercaya berinisial DH, dugaan pungutan sejumlah dana bagi peserta calon anggota BPD tersebut, dilakukan saat peserta mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota BPD Desa Kungkai.

” Informasi yang saya dapat dari salah satu peserta yang hendak mendaftar sebagai calon BPD itu, awal diminta uang sebesar 800 Ribu Rupiah, terus kini sesudah mendaftar diturunkan jadi 730 Ribu Rupiah, namun harus bayar, kalau dijumlahkan 23 orang dikalikan 730 Ribu, itu kan banyak juga, bukankah itu pungli?! ,” ungkap DH saat diwawancarai media ini, Kamis (19/8/21).

DH mengatakan meski pungutan dana terhadap calon BPD tersebut atas kesepakatan, namun dalam aturan tidak diperbolehkan.

”Secara aturan sudah jelas menyalahi, sebab dana untuk penyelanggaraan pemilihan sudah dianggarkan dari desa. Jadi tolong, supaya tidak terjadi lagi terhadap desa-desa lain,” bebernya lagi.

DH berharap, Kepada Intasi terkait agar dapat menindak, atas pungutan yang terjadi didesa Kungkai tersebut.

”Kepada Saber Pungli, BPMD Kabupaten Merangin dan pihak Kecamatan kami harap dapat menindak tegas pungli seperti ini,” harapnya mengakhiri.

Selain itu, Kades Kungkai Riko hartanto sp,d saat dijumpai dikantor Desa Kungkai mengatakan kalo ini tidak bisa disebut pungli, karna sumbangan tersebut senilai Rp. 730 ribu berdasarkan kesepakatan hasil musyawarah, disebabkan dana pemilihan umum BPD Kungkai tidak cukup dengan dana yang sudah di Alokasikan berjumlah Rp. 5.000.000 rupiah ujarnya

Namun saat ditanyakan apakah berita acara kesepakatan sumbangan dana tersebut sudah disampaikan kepada  DPMD Merangin, Kades menyebut kalo itu belum kita sampaikan, ungkapnya

  • Pemilihan BPD Desa Kungkai, Diduga ada Pungutan Sumbangan, Dari Para Calon ke Panitia

Terkini