PEDULIKI SALAMAKI
PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

{script}

Wali Murid SMPN 1 Palas Merasa Tidak Ada Potongan PIP Oleh Pihak Sekolah

Incipme
25 Agustus 2021, 23:21 WIB Last Updated 2021-08-25T15:21:48Z


Identitas News, Palas Lampung Selatan

Pihak sekolah SMP Negeri 1 Palas Kabupaten Lampung Selatan menyangkal telah memotong bantuan siswa Progam Indonesia Pintar ( PIP) kepada 209 siswa penerima PIP.

Pasalnya telah beredar di media sosial ada potongan dana PIP sebesar Rp 25 ribu sanpai Rp 50 ribu, oleh panitia pengurus PIP. Sedangkan pihak sekolah tidak pernah memotong dana PIP dari 209 siswa penerima.Dana tersebut diserahkan secara langsung dan utuh kepada siswa yang di saksikan orang tua siswa sesuai nominal yang tertera di buku tabungan PIP siswa.

Kepala sekolah SMPN 1 Palas Nancy Foedztida Rasyid Siregar, M.Pd. menjelaskan Pihak sekolah tidak pernah memotong sepeserpun dana PIP siswa, seperti yang beredar di media sosial.

" Hari ini  Kami di pangil oleh dinas mas terkait itu, selain itu juga pihak sekolah tidak pernah memerintahkan ataupun meminta imbalan kepada siswa penerima dana Program Indonesia Pintar ( PIP), saya sendiri mewanti-wanti kepada panitia jangan pernah ada yang di potong soal dana PIP" Tutur Kepala Sekolah

" Pernah saya mendapat laporan dari panitia PIP, ada pemberian dari wali murid itupun untuk pengganti pengurusan pemberkasan pencairan sampai pelaporan terkait PIP, itupun ada yang 10 sampai 20 ribu ngasihnya" Ucapnya

Di tempat yang sami Driastari dewan guru sekaligus sebagai panitia PIP ditemui di ruang kerjanya, Selasa 24 Agustus 2021.
Menyangkal soal ada potongan dana PIP.

"Kami sama sekali tidak pernah memotong uang PIP milik siswa. Semua uang PIP kami serahkan langsung ke masing-masing wali murid secara utuh setelah pencairan beberapa bulan lalu. Tidak ada yang dipotong. Bisa ditanyakan langsung ke wali murid nya. Kami juga ada berita acara serah terima uang PIP itu," kata dia.

" Saya akui memang ada sebagian besar wali murid memberi uang sebagai ucapan terima kasih mereka. Uang itu mereka kasih ikhlas untuk membantu pemberkasan. Kami tidak pernah meminta. Justru mereka yang ingin memberi, katanya untuk ganti uang bensin," kata dia.

Sementara itu, Siswa Kelas IX, Eka Juluanti. Dia mengaku ia terima uang PIP murni sebesar Rp750 ribu. Uang tersebut ia berikan kepada orang tuanya untuk keperluan perlengkapan sekolah.

"Enggak ada potongan. Saya terima full dari sekolah. Ibu saya aja yang inisiatif beri uang pengganti bensin untuk petugas pemberkasan sebesar Rp20 ribu. Enggak ada yang lain, itu hanya keikhlasan kami," ujarnya.

Hal senada diungkapkan, salah satu
A'i Dede salah satu wali murid kelas IX mengaku anaknya menerima bantuan PIP sebesar Rp750 ribu. Ia mengaku tidak ada potongan apapun dari pihak sekolah.

"Enggak ada potongan, mas. Saya terima bersih Rp750 ribu. Tapi, memang ada kebijaksanaan dari kami kepada yang ngurus pemberkasan. Ya, sebagai pengganti bensin kami kasih Rp 20 ribu. Kami ikhlas ngasihnya dan inisiatif kami sendiri. Kurang tau juga kalau siswa lainnya," kata dia.

Reporter  | Kontributor : Sri widodo

Kabupaten : Lampung selatan

  • Wali Murid SMPN 1 Palas Merasa Tidak Ada Potongan PIP Oleh Pihak Sekolah

Terkini