PEDULIKI SALAMAKI
PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

{script}

Warga Kamiri Akui Manfaat Akses ke Kota Hingga Permudah Anak ke Sekolah

Wahyuddin Se
20 Agustus 2021, 11:52 WIB Last Updated 2021-08-20T03:52:52Z

 


Barru – Beragam manfaat kini dinikmati oleh masyarakat Desa Kamiri, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, atas ruas jalan Takkalasi – Bainange – Lawo. Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Barru dan Soppeng ini baru saja diresmikan oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Kamis, 19 Agustus 2021.

Diketahui, ruas jalan Takkalasi – Bainange – Lawo ini memiliki panjang 38,7 km. Dimana ruas Barru sepanjang 19,9 km dan di Soppeng sepanjang 18,8 km. Pembangunan yang dilakukan oleh Dinas PUTR Sulsel ini dilakukan secara bertahap.

Dimulai tahun 2019, dengan pembukaan lahan sepanjang 6 km dengan anggaran Rp 1,7 miliar. Dilanjutkan di tahun 2020 dengan penanganan pengaspalan dan pelebaran konstruksi bahu beton sepanjang 2 km dan lebar 5,5 m dengan nilai Rp 11,5 miliar. Serta ditahun 2021 ini dilanjutkan pengerjaan berupa pengaspalan dan pelebaran konstruksi bahu beton sepanjang 5,7 km dan lebar 5,5 m dengan nilai Rp 24,9 miliar, dan pembangunan jembatan sepanjang 50 m dengan nilai Rp 6,5 miliar. Rencananya, Pemprov Sulsel kembali melanjutkan penanganan berupa pengaspalan di tahun 2022 dengan perkiraan nilai Rp 65 miliar untuk jalan sepanjang 10 km dan lebar 5,5 m.

Ketua RT 01 Desa Kamiri, Jumardin, mengaku, sangat bersyukur atas perhatian Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, atas akses jalan yang akan menghubungkan Kabupaten Soppeng itu.

“Warga sangat bersyukur sekali dan berterima kasih kepada Bapak Gubernur atas perhatiannya kepada masyarakat kami di Desa Kamiri. Sekarang hasil kebun dan pertanian masyarakat di sini sangat mudah diangkut ke pasar, mudah dijual di pasar,” ungkapnya.

Ia berharap, Pemprov Sulsel akan menuntaskan penanganan ruas jalan ini hingga batas Soppeng. Sehingga, mempermudah akses distribusi barang ke Soppeng.

Senada diungkapkan oleh Abdul Samad. Pemuda 24 tahun itu mengakui perubahan besar yang terjadi sejak mulusnya akses jalan ini.

“Kondisi saat belum pembangunan sangat jelek. Apalagi medannya pendakian dan banyak lubang-lubang. Sangat beda dari sekarang karena sudah bagus, teraspal akses jalannya. Jadi masyarakat di sini lancar bolak balik ke kota,” katanya.

Sementara, warga lainnya, Sumarni (44) turut merasakan manfaat dari jalan ini. Dimana mempermudah akses bagi anak-anak untuk ke sekolah.

“Saya bersyukur sekali sebagai masyarakat disini atas baiknya jalanan. Kita bersyukur sekali apalagi pemerintah yang sekarang sudah baik, kita dikasihkan jalanan yang baik. Dulu waktu tidak begini jalanan (rusak), biar kita mau turun ke kota tidak bisa. Sekarang biar mau ke kota mudah, karena jalanan kita sudah bagus. Anak-anak kalau mau sekolah sudah lancar ke sekolah. Dulukan kalau hujan karena jalan rusak, makanya tidak bisa ke sekolah. Sekarang sudah lancar,” tuturnya.

Sumarni berharap, agar lampu jalan bisa masuk di desanya. Serta adanya layanan akses jaringan telepon dan internet.

“Karena biasa ada keluhan dari kota, kita tidak bisa dihubungi,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, berharap, dengan mempermudah akses itu akan meningkatkan hasil pertanian, menggeliatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat.

“Dengan akses jalan yang baik, maka perekonomian akan meningkat dan akses wisata akan menggeliat. Apalagi kalau mau ke Lejja akan lebih dekat, dari Parepare ke sini lebih dekat. Karena ini akan menjadi wilayah yang strategis makanya kita konsisten bagaimana kita tuntaskan. Tentu harapan kami bagaimana untuk selalu bekerja untuk masyarakat,” jelasnya.

Untuk permintaan masyarakat mengenai jaringan, kata Andi Sudirman, melalui instansi vertikal.

“Kita akan fasilitasi dan berkoordinasi dengan pihak Telkom dengan persuratan dari Bapak Bupati,” katanya. (*)

  • Warga Kamiri Akui Manfaat Akses ke Kota Hingga Permudah Anak ke Sekolah

Terkini