PEDULIKI SALAMAKI
PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

{script}

Covid-19 Diturunkan, Jokowi Puji Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Melebihi Nasional

Wahyuddin Se
10 September 2021, 23:35 WIB Last Updated 2021-09-10T15:35:25Z


 Maros – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tak hanya mampu menekan angka penyebaran Covid-19, tetapi juga meningkatkan perekonomian pada kuartal kedua tahun 2021 ini.

Keberhasilan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi, mendapat pujian dari Presiden RI, Joko Widodo. Apresiasi disampaikan Jokowi, saat memberikan pengarahan kepada Forkopimda se Provinsi Sulsel, yang digelar di Skadron Udara 11, Lanud Hasanuddin, Kabupaten Maros, Kamis, 9 September 2021.

Untuk diketahui, ekonomi Provinsi Sulsel pada Triwulan II tahun 2021 tumbuh sebesar 7,66 persen (y-on-y). Hal ini menjadi pencapaian Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Plt Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman. Mengingat sejak pandemi Covid-19, perekonomian Sulsel mengalami kontraksi. Bahkan pertumbuhan ekonomi ini melebihi nasional yang tumbuh 7,07 persen.

“Terkait dengan ekonomi, Sulawesi Selatan sangat bagus. Kalau angkanya seperti ini, Covid-19 bisa ditekan, angkanya 7,66 persen pertumbuhan pada kuartal kedua 2021 bisa naik lagi. Bahkan jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional 7,07 persen,” ujar Jokowi.

Ia pun meminta agar terus melakukan realisasi APBD. “Kalau bisa keluar, realisasi serapannya tinggi, akan berpengaruh terhadap ekonomi di daerah, perputaran uang akan semakin banyak, sehingga ekonomi juga akan semakin membaik,” katanya.

Menurutnya, ekonomi dan pandemi Covid-19 merupakan dua hal yang penanganan kompleksitasnya sangat sulit. “Seperti di Provinsi Sulawesi Selatan dipastikan ekonominya bergerak naik. Asal Covid-19 dikendalikan/dikurangi/diturunkan. Secara otomatis ekonomi naik,” tuturnya.

Berbagai perlindungan sosial diberikan oleh pemerintah di tahun 2021. Olehnya itu, jika ditunjang dengan APBD Provinsi, kabupaten/kota, maka akan mendongkrak lebih baik konsumsi masyarakat dan rumah tangga, serta daya beli masyarakat akan terdongkrak naik.

“Saya menghargai kerja keras (Plt Gubernur serta Forkopimda dan Jajaran), tetapi jangan cepat puas dan tetap harus waspada. Jangan sampai lengah. Mari kita bersama-sama bekerja keras menjaga rakyat kita, agar tidak terpapar Covid-19. Dan juga kita semuanya bisa bersama-sama meningkatkan daya beli masyarakat dan konsumsi masyarakat, sehingga pertumbuhan ekonomi di provinsi, kabupaten/Kota di Sulsel bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, merasa bersyukur atas dukungan dan arahan pemerintah pusat hingga perekonomian yang mengalami perbaikan.

“Semoga upaya pemulihan ekonomi terus kita lakukan sembari menekan laju penularan Covid-19,” pungkasnya. (*)

  • Covid-19 Diturunkan, Jokowi Puji Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Melebihi Nasional

Terkini