{script}

Pemkab Tanbu Gelontorkan Dana 5M untuk Pembangunan Gerbang Batas Tanbu-Tala, Haekal : Gerbang Elit, Akses Jalan Sulit

Incipme
20 Juli 2022, 20:37 WIB Last Updated 2022-07-20T13:12:36Z

 

Batulicin - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bersama Dinas PUPR Tanah Bumbu merencanakan pembangunan gerbang untuk membatasi Tanah Bumbu - Tanah Laut dengan menelan biaya 5 Miliyar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu, Subhansyah, Jumat (15/7/22) menyebutkan bahwa proses pembangunan gerbang batas Tanbu-Tala sudah diajukan ke ULP atau BPBJ Tanbu.

"Anggaran untuk mega proyek pintu gerbang di perbatasan ini sebesar Rp 5 miliyar bersumber dari APBD. Tujuannya untuk mengubah wajah Kabupaten Tanah Bumbu, " jelas Subhan.

Hal ini dikarenakan kondisi pintu gerbang atau pintu masuk wilayah perbatasan Tanah Bumbu masih sangat sederhana jika dibandingkan dengan milik tetangga Kabupaten Tanah Laut. Karenanya rencana pembangunan ini akan dibuat lebih berbeda dan menarik.

Banyak pihak yang menilai pintu gerbang tersebut harus diperindah untuk menunjukan wujud dari Bumi Bersujud yang berkonsep Serambi Madinah. Maka dari itu perlunya gerbang baru sangat diupayakan untuk segara dibangun oleh Pemkab Tanah Bumbu.

Salah satu Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yang pernah tergabung dalam IKMA Tanah Bumbu Kalsel, Fikri Haekal Akbar menilai rencana pembangunan ini sangat baik akan tetapi pemerintah kurang memperhatikan bahwa akses jalan yang dilewati dari Tanah Bumbu ke Tanah Laut sangat rusak dan tidak nyaman dilalui pengendara.

"Pembangunan gerbang ini saya nilai cukup baik terutama untuk menyambut tamu ketika datang dan melintas melalui Tanah Bumbu, akan tetapi saya rasa pemerintah tidak memperhatikan keadaan yang masyarakat resahkan yakni akses jalan yang dilalui setelah melewati gerbang tersebut masih banyak yang rusak dan berlubang, hal ini membahayakan pengendara yang melintas," jelas Haekal.

Haekal juga mengatakan bahwa banyak kalangan mahasiswa luar daerah yang sering kali melalui jalan tersebut menyampaikan keluh kesahnya ketika melintasi jalan Tanah Bumbu ke Tanah Laut.

"Banyak rekan mahasiswa yang diluar daerah seperti dari Kabupaten Kotabaru menyampaikan keluh kesahnya ketika hendak ke Banjarmasin melalui jalan Tanah Bumbu, mereka seakan-akan tidak merasa nyaman. Maka dari itu perlu perhatian lebih baik dari pemerintah untuk mengupayakan perbaikan jalan terlebih dahulu, jangan sampai gerbangnya elit tapi akses jalannya sulit," tambahnya.

 

Reporter: Fikri Haekal Akbar

Kota/ Kabupaten : Batulicin

  • Pemkab Tanbu Gelontorkan Dana 5M untuk Pembangunan Gerbang Batas Tanbu-Tala, Haekal : Gerbang Elit, Akses Jalan Sulit

Terkini